Skip to main content

Khasiat dan manfaat berserta efek damping dan bahaya daun kelor untuk kesehatan

Apa khasiat dari daun kelor dan apa saja manfaat daun kelor untuk kesehatan, banyak sekali kegunaan dan manfaat daun kelor bagi tubuh manusia tetapi juga memiliki efek samping konsumsi daun kelor

Apa bila belum mengetahui khasiat dan manfaat sayur daun kelor yang memiliki segudang manfaat buat kesehatan, artikel tentang daun kelor ini akan menginformasikan khasiat tanaman kelor dan efek samping makan daun kelor

[Daftar isi mengenai manfaat dan efek samping daun kelor untuk kesehatan beserta cara mengolah daun kelor]

Sebelum meyimak informasi manfaat daun kelor sebagai obat beserta khasiat dan efek samping daun kelor bagi kesehatan, berikut penjelasan daun kelor

Tentang Daun Kelor, Kandungan Dan Kegunaanya

Daun yang biasa diolah jadi sayur bagi sebagian orang, namun sering jadi pantangan bagi orang-orang tertentu ternyata dibaliknya memiliki manfaat yang luar biasa.

Karena daun kelor didalamnya terdapat nutrisi dan kandungan yang sangat penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, dan juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Namun juga memiliki beberapa efek samping dan zat zat bahaya bagi kesehatan termasuk efek samping akar kelor dan efek samping masker daun kelor yang harus diperhatikan.

Berikut ini adalah penjelasan tentang daun kelor yang berisi kandungan yang terdapat pada daun kelor, fungsi dan manfaat daun kelor dan cara mengolahnya

Kandungan dan manfaat daun kelor untuk kesehatan serta efek samping daun kelor

Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai. Sayur asli Indonesia ini di percaya ampuh mengobati ragam penyakit.

Bahkan manfaat teh daun kelor, yang mengandung polyphenol tinggi, berfungsi sebagai antioksidan yang berkhasiat untuk mendetoksifikasi tubuh manusia sehingga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Zat-zat Penting yang Terkandung Dalam Daun Kelor

Zat yang terkandung dalam daun kelor mengandung vitamin C vitamin A serta potasium yang sangatlah tinggi, asam amino dalam tiap 100 gr daun kelor segar.

Selain itu beberapa studi menunjukkan bahwa kandungan kalium yang terdapat dalam daun kelor lebih rendah dan kandungan zat besi lebih tinggi.

Dari hasil penelitian juga menunjukkan bahwa manfaat daun kelor akan lebih besar lagi jika diolah menjadi bubuk daun kelor dibandingkan jika daun kelor dikonsumsi secara langsung sebagai sayuran.

Tapi walaupun begitu manfaat dan khasiat daun kelor untuk kesehatan tetap baik jika dikonsumsi secara rutin.

Begitu banyak zat-zat penting yang terkandung dalam daun kelor, tak heran bila tanaman sayur ini dianggap sebagai tanaman ajaib yang sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

33 Manfaat dan Khasiat Daun Kelor untuk kesehatan beserta cara pengolahannya

Kandungan yang terdapat dalam daun kelor sangatlah banyak sehingga khasiat dan kegunaan daun kelor untuk obat apa aja dapat di gunakan untuk mengobati macam-macam penyakit

Mulai menyembuhkan penyakit dalam hingga daun kelor dipercaya bisa menyembuhkan penyakit luar, banyak fungsi daun kelor buat kesehatan karena kandungan yang ada pada daun kelor

Untuk khasiat dan manfaatnya daun kelor berikut adalah manfaat daun kelor dan khasiat daun kelor untuk kesehatan tubuh.

#1.Manfaat Daun Kelor Untuk Menyehatkan Kulit

Manfaat daun kelor yang pertama adalah menyehatkan kulit, hal ini dikarenakan daun kelor memiliki kandungan vitamin C serta antioksidan yang sangatlah tinggi, kedua zat ini sangatlah baik untuk kesehatan kulit.

Daun kelor yang dijadikan sebagai sayur serta dikonsumsi dengan cara teratur bisa menghaluskan kulit serta mencegah munculnya jerawat. Daun kelor yang ditumbuk dapat juga jadikan sebagai masker muka yang dapat membuat kulit muka makin halus serta cantik.

#2. Manfaat Daun Kelor Untuk Mengatasi penyakit Diabetes

Salah satu faedah dan manfaat daun kelor yakni bisa menangani diabetes. khasiat daun kelor untuk diabetes bisa mengurangi kadar gula dalam darah.

Daun kelor bisa dijadikan juga sebagai insulin alami untuk menangani diabetes. Makan sayur daun kelor dapat juga mencegah penyakit gula darah atau diabetes.

#3. Manfaat Daun Kelor Untuk Mata

Ternyata manfaat daun kelor juga bisa menyehatkan mata, hal ini karena Daun kelor banyak mengandung vitamin A yang sangatlah baik untuk mata. Mengkonsumsi daun kelor bisa bikin mata senantiasa dalam situasi sehat serta jernih.

Daun kelor dapat juga mengobati penyakit mata, langkahnya dapat dikonsumsi segera maupun air rebusan daun kelor dibasuhkan pada mata yang sakit setiap hari hingga sembuh.

#4. Manfaat Daun Kelor Untuk Mencegah kanker

Antioksidan yang terdapat dalam daun kelor sangatlah tinggi, di luar itu daun kelor memiliki kandungan potasium yang banyak. Salah satu faedah dan manfaat daun kelor yakni bisa mencegah kanker.

Khasiat dan manfaat daun kelor untuk kanker yakni bisa memperlambat bahkan juga menghentikan serta menyingkirkan kanker yang ada dalam tubuh.

#5. Manfaat Daun Kelor Untuk Menyembuhkan penyakit rematik

Daun kelor juga sangatlah baik dan bermanfaat untuk menyembuhkan rematik. Faedah daun kelor untuk penyembuhan rematik bisa mengurangi rasa sakit pada sendi serta bisa kurangi penumpukan asam urat pada sendi hingga bisa mengobati rematik atau asam urat,

lalu bagaimana cara mengunakan daun kelor sebagai obat rematik? berikut adalah cara menggunakan daun kelor untuk obat rematik.

Cara Mengobati Rematik dengan Daun Kelor:

  • Siapkan 3-5 batang daun kelor segar
  • Cuci bersih daun kelor terlebih dahulu
  • Lalu, rebus dengan 3 gelas air
  • Tunggu beberapa saat hingga air rebusan mendidih dan menyisakan setengahnya
  • Jika sudah, angkat dan saring lalu tuangkan rebusan daun kelor ke dalam gelas
  • Ramuan daun kelor siap dikonsumsi
  • Minum air rebusan kelor ini secara rutin 2 kali dalam sehari dalam keadaan hangat.

#6. Manfaat daun kelor untuk mengatasi alergi

Daun kelor juga efektif dan ampuh mengatasi alergi dengan cara ambil tiga gagang daun kelor dan direbus, ditambah pulasari secukupnya, satu siung bawang merah, dengan air sebanyak tiga gelas, rebus sampai air mendidih dan tersisa dua gelas. lalu disaring dan minum setiap hari secara rutin.

#7. Khasiat daun kelor untuk mengobati penyakit herpes, kurap dan luka bernanah,

Penyakit tersebut dapat anda obati dengan daun kelor dengan caranya. Tumbuk tujuh gagang daun kelor sampai halus dan diitempelkan pada bagian kulit alergi yang bermasalah

#8. Manfaat daun kelor dapat mengatasi penyakit kuning

Disebut penyakit kuning karena penyakit ini ditandai dengan kuningnya organ tubuh biasanya pada mata, kuku, dan anggota tubuh lainnya.

Penyakit ini sebenarnya adalah karena pembengkakan hati yang diakibatkan oleh virus. untuk mengatasi penyakit kuning anda bisa menggunakan ramuan daun kelor

Cara membuat daun kelor sebagai obat penyakit kuning

  • Tumbuk sampai halus 3–7 gagang daun kelor
  • Tambahkan 1 gelas air kelapa hijau lalu peras dan saring.
  • sebelum diminum sebaiknya tambahkan dengan 1 sendok makan madu.
  • Minumlah ramuan ini satu hari sekali sampai penyakit kuning sembuh.

#9. Khasiat daun kelor Membantu menyembuhkan mata rabun Senja dan iritasi mata

Tumbuk sampai benar-benar halus 3 gagang daun kelor kemudian seduh dengan 1 gelas air mendidih diamkan beberapa saat sambil diaduk lalu saring.

Tunggu sampai dingin atau hangat kuku lalu tambahkan dengan beberapa sendok madu murni. Minum ramuan ini menjelang tidur malam

#10. Manfaat daun kelor untuk mengobati cacingan

Cacingan seringkali dialami oleh anak-anak, Jika anak anda mengalami cacingan bisa anda atasi dengan menggunakan daun kelor.

Cara menggunakan daun kelor sebagai obat cacing

  • Ambil 3 gagang daun kelor
  • 1 gagang daun cabai
  • 1–2 batang meniran
  • ketiga bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai tersisa 1 gelas.
  • Setelah itu disaring, dan minumlah ramuan ini setiap hari.

#11. Manfaat daun kelor untuk Menurunkan berat badan

Punya masalah tubuh kegemukan atau obesitas, atau perut buncit pasti membuat menderita dan tampil tidak percaya diri.

Jika ini masalah anda, cobalah anda atasi dengan daun kelor. Dengan mengkonsumsi teh daun kelor secara rutin dan teratur sangat membantu untuk menangani masalah pencernaan, sehingga merangsang metabolisme untuk membakar kalori dengan lebih cepat. Karena teh kelor mudah diserap ke dalam usus.

#12. Manfaat daun kelor sebagai penyedia energi

Dengan rutin mengkonsumsi teh daun kelor setiap pagi bermanfaat untuk menguatkan bagian tubuh agar tetap pro aktif sepanjang sepanjang hari.

Tubuh akan secara otomatis merasa baik dan berenergi dari sebelumnya.

#13. Daun kelor berkhasiat sebagai penyedia nutrisi

Teh daun kelor sangat berperan penting untuk memelihara otak dan mata.

Gizi otak membantunya dalam mengambil keputusan yang tepat bahkan pada situasi sulit.

#14. Khasiat daun kelor untuk meningkatkan Fungsi Ekskresi

Yang tak kalah menarik bahwa teh daun kelor membantu memperbaiki dan meningkatkan fungsi ginjal dan hati.

Tubuh akan bugar dan sehat jika fungsi pembuangan limbah bekerja secara normal.

#15. Manfaat daun kelor untuk Rambut

Nutrisi pada teh daun kelor bahkan berkhasiat untuk menguatkan dan melebatkan rambut, rambut menjadi lebih sehat, kuat dan mengkilap.

#16. Manfaat daun kelor untuk Menghilangkan flek wajah, memutihkan kulit, menghilangkan jerawat dan komedo

Bukan hanya penyakit saja bahkan daun kelor dapat kita manfaatkan untuk mengatasi flek hitam, Jerawat dan komedo pada wajah

Caranya : Tumbuk segenggam daun kelor muda. sampai benar-benar halus lalu dipakai untuk bedak atau bisa juga di campur dengan bedak sebagai masker diamkan 25–30 menit lalu cuci kembali.

#17. Manfaat daun kelor menurunkan panas deman pada anak

Ketika panas demam menimpa anak, anda bisa menurunkan panas anak dengan daun kelor.

Cara menggunakan daun kelor untuk menurunkan demam pada anak:

Haluskan 3 gagang daun kelor dengan cara ditumbuk Setelah halus tempelkan pada pada ubun-ubun kepala anak. lakukan ini pada waktu pagi dan jangan pada siang hari.

Untuk hasil optimal buatlah 1 gelas sari daun kelor caranya: 2 gagang daun kelor ditumbuk halus bersama dengan 2 siung bawang merah, kemudian tambahkan 1 gelas air lalu peras dan saring. Beri minum anak anda dengan ramuan ini pada waktu pagi dan malam hari.

#18. Manfaat daun kelor untuk diet

Karena daun kelor dapat menghasilkan energi yang tahan lama maka otomatis dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin dan teraut bermanfaat untuk membantu program diet secara alami dan aman.

#19. Daun kelor bermanfaat sebagai obat mata

Daun kelor bermanfaat untuk menjaga kesehatan lensa mata, skaligus dapat dijadikan sebagai obat untuk mencegah dan mengatasi penyakit mata degeneratif.

#20. Daun kelor bermanfaat Sebagai sumber beta karoten

Kandungan beta karoten yang terdapat pada daun kelor juga berfungsi memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit dan mempercepat proses penyembuhan dikala sakit

#21, Minyak ben pada daun kelor sebagai sumber anti oksidan

Pada Biji buah kelor terkandung minyak sekitar 40 persen, yang mana minyak buah kelor dikenal dengan sebutan minyak Ben.

Minyak biji buah kelor kaya akan antioksidan, dan nutrisinya hampir serupa dengan mirip minyak zaitun.

#22. Daun kelor sebagai sumber zat besi

Mungkin tidak semua orang tahu bahwa daun kelor muda yang biasa dikonsumsi sebagai sayur ini ternyata mengandung zat besi tiga kali lipat lebih besar dari daun bayam.

#23. Daun kelor bermanfaat sebagai sumber asam amino esensial

Pada daun kelor terdapat asam amino esensial yaitu unsur protein yang berfungsi untuk memperbaiki dan memelihara sel-sel tubuh.

Tubuh manusia hanya mampu menghasilkan asam amino sekitar 10 sampai 12 jenis saja sedangkan 8 jenis dari asam amino esensial harus dipenuhi melalui asupan nutrisi pada makanan sehari-hari.

#24. Daun kelor bermanfaat sebagai sumber energi alami

Manfaat daun daun kelor yang tak kalah pentingnya yaitu berfungsi untuk meningkatkan jumlah energi secara alami dan tahan lama.

#25. Daun kelor bermanfaat mengatasi berbagai penyakit

Manfaat daun kelor juga bisa menyembuhkan bisul, menghambat dan mencegah tumor mengatasi nyeri sendi (arthritis) bahkan daun kelor bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah.

#26. Manfaat daun kelor untuk meningkatkan produksi ASI

Bagi ibu menyusui dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi daun kelor, karena daun kelor bermanfaat untuk meningkatkan jumlah produksi ASI dan menjaga kualitas ASI, sehingg tentu saja ini hal ini menjadi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel otak bayi.

#27. Daun kelor bermanfaat Sebagai suplemen makanan alami

Agar tubuh tetap fit dan berstamina dianjurkan untuk mengkonsumsi daun kelor dan buahnya, karena kelor bermanfaat sebagai suplemen alami, ini karena daun kelor kaya akan kalsium dan multi vitamin.

#28. Teh bunga kelor sebagai sumber flavonoid dan anti oksidan

Bukan hanya daun dan buahnya saja, bahkan bunga tanaman kelor bisa anda olah menjadi teh herbal alami yang kaya akan. flavonoid dan antioksidan.

#29. Akar tanaman kelor dapat mengatasi berbagai penyakit

Sedangkan pada akar tanaman kelor dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk memperbaiki sistem peredaran darah, mencegah peradangan, menambah nafsu makan, baik untuk pencernaan, dan yang tak kalah menarik adalah daun kelor bermanfaat untuk mengatasi kej*nt*nan pria dan masalah saluran reproduksi wanita.

#30. Daun kelor bermanfaat mengatasi berbagai penyakit dalam

Berdasarkan hasil penelitian dan analisa para pakar akar tanaman kelor berkhasiat untuk menyembuhkan kanker ovarium, peradangan, batu ginjal, meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan karena membantu mengeluarkan kalsium dan fosfat dari dalam ginjal secara lebih efisien.

#31. Manfaat daun kelor mengatasi kolesterol jahat

Tidak semua kolesterol dalam tubuh baerbahaya bagi kesehatan, namun ada juga jenis kolesterol yang bermanfaat. Maka daun kelor berkhasiat untuk mengontrol, menyeimbangkan, dan mengatasi koleseterol jahat sebagai faktor penyebab resiko penyakit jantung, dan stroke.

#32. Daun kelor bermanfaat memperbaiki sistem metabolisme tubuh

Sistem metabolisme tubuh yang baik sangat berperan penting untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

Maka dengan mengkonsumsi daun kelor bermanfaat untuk menstimulasi metabolisme dan struktur sel tubuh.

#33. Manfaat daun kelor sebagai anti bakteri dan anti racun.

Manfaat daun kelor yang tak kalah penting yaitu berfungsi sebagai antibakteri dan anti racun, sehingga dapat digunakan sebagai penawar racun alami.

ini terbukti bahwa biji buah kelor mampu menyerap kotoran pada air, sehingga air kembali jernih dan sehat. begitulah pula fungsi daun dan biji buah kelor bermanfaat untuk membantu menyerap dan mengeluarkan racun dalam darah.

Cara membuat teh daun kelor dan membuat serbuk daun kelor dan manfaatnya

Setelah mengetahui manfaat dan khasiat herbal daun kelor termasuk manfaat daun kelor, manfaat bunga kelor dan manfaat akar kelor

Berikut adalah cara membuat teh daun dan serbuk daun kelor serta manfaatnya. yang pertama adalah cara membuat teh daun kelor.

(1). Cara Membuat Teh Daun Kelor

Sediakan daun kelor yang berwarna hijau tua sebanyak-banyaknya lalu keringkan, namun jangan dikeringkan dibawah terik matahari maupun diopen., karena menjemur daun kelor akan mengurangi bahkan menghilangkan kandungan daun kelor.

Daun teh kelor yang sudah kering lalu ditumbuk sampai halus dan tidak perlu diayak, simpan teh daun kelor pada tempat yang kering dan rapat.

(2). Cara Membuat bubuk (serbuk) daun kelor

Cara membuat bubuk atau serbuk daun kelor yaitu sebagaimana cara membuat teh diatas, namun anda masih perlu mengayak daun kelor agar serbuk daun kelor benar-benar halus.

Anda bisa mengkonsumsi bubuk daun kelor dengan melakukan pencangkangan (kapsul) atau dengan cara diseduh sebagaiamana membuat teh atau kopi. Agar teh daun kelor lebih nikmat anda bisa menambahkan madu.

5 Efek samping dan bahaya daun kelor jika dikonsumsi berlebihan

Meskipun daun kelor memiliki banyak manfaatnya bagi kesehatan, namun daun kelor juga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Hal ini karena beberapa bahaya daun kelor dan efek samping daun kelor yang bisa menjadi racun bagi kesehatan apa bila berlebihan mengkonsumsi daun kelor

Begitupun dengan yang lain seperti efek samping akar kelor dan efek samping masker daun kelor

Berikut adalah efek samping daun kelor dan bahaya daun kelor jika terlalu banyak mengkonsumsi karena kandungan zat kimia yang ada didalam daun kelor diantaranya.

#1. Daun Kelor Bisa Menyebabkan Gangguan Fungsi Ginjal

Efek samping daun kelor dan bahaya daun kelor yang akan muncul apabila mengonsumsi rebusan daun kelor secara berlebihan.

Apabila hal ini terjadi maka akan menyebabkan gangguan fungsi ginjal dimana akan ada penghambatan kinerja ginjal dalam mengolah cairan tubuh.

#2. Daun Kelor Bisa Menyebabkan Kerusakan Liver

Efek samping daun kelor dan bahaya daun kelor akan terjadi apabila seseorang meminum rebusan atau lalapan daun kelor dalam jangka panjang dan tidak diimbangi dengan nutrisi dari sayuran lainnya.

Daun kelor sangat berbahaya bagi penderita penyakit kuning dan hepatitis karena bisa merusak jaringan pembuluh darah disekitar hati.

#3. Daun Kelor Bisa Menyebabkan Sakit Perut

Bahaya daun kelor dan efek samping daun kelor selanjutnya adalah bisa menyebabkan sakit perut, Minum air daun kelor bisa mengakibatkan tekanan pada otot perut, jika lambung dalam keadaan kosong. Untuk menghindari sakit perut yang melilit sebaiknya perut tidak dalam keadaan kosong saat minum air daun kelor.

Efek samping daun kelor yang paling sering menyerang adalah sejenis sakit perut hingga mengalami sembelit ringan atau diare.

#4. Daun Kelor Bisa Menyebabkan Kegagalan Sperma

Bahaya daun kelor dan efek samping daun kelor selanjutnya adalah bisa menyebabkan kegagalan sperma, Bagi seorang pria yang mengonsumsi minuman daun kelor untuk lalapan teman nasi sehari-hari dalam jumlah yang cukup besar maka secara bertahap akan mengganggu kondisi sperma.

Efek samping daun kelor ini bisa mengakibatkan pembentukan sperma menjadi terhambat dan seorang pria akan mengalami ejakulasi dini.

#5. Daun Kelor Bisa Menyebabkan Mati rasa sampai kelumpuhan

Bahaya daun kelor dan efek samping daun kelor yang terkahir bisa menyebabkan mati rasa, Mengonsumsi daun kelor dengan porsi yang berlebihan akan menyebabkan mati rasa pada bagian tubuh tertentu hingga pada tahap menjadi lumpuh.

Senyawa yang berada didalam kandungan daun kelor ini tidak selamanya cocok bagi jaringan tubuh manusia.

Penutup

Itulah beberapa hal yang perlu di ketahui tentang manfaat daun kelor untuk kesehatan dan efek samping daun kelor dan bahaya daun kelor untuk kesehatan

Daun kelor memang sangat populer di mancanegara ataupun di dalam negeri. Beragam penyakit dapat diobati dengan daun kelor. Selain bisa menyembuhkan beragam penyakit, daun kelor juga sangatlah baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Faedah daun kelor yang dikonsumsi setiap hari yakni bisa meningkatkan kekebalan tubuh hingga tubuh tak gampang sakit. Selain itu, kelor dapat juga tingkatkan kekebalan tubuh dari beragam virus yang ada.

Nah, mulai sekarang jangan abaikan daun kelor. Sering-seringlah mengonsumsinya agar tubuh Anda lebih sehat. Semoga artikel kesehatan tentang daun kelor diatas dapat bermanfaat bagai yang membutuhkan informasi kesehatan tentang khasiat dan manfaat daun kelor.

You Might Also Like:

Wajib Diketahui: Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot iklan.