Skip to main content

Begini nih budidaya dan cara menanam wortel yang baik dan benar agar hasilnya optimal

Bagaimana teknik budidaya tanaman wortel dan cara menanam sayur wortel yang baik dan benar agar hasilnya optimal

Bagi anda yang ingin budidaya tanaman sayuran wortel dan ingin tahu bagaimana cara menanam wortel di lahan agar berhasil, artikel ini akan menginformasikan cara budidaya tanaman wortel dan cara menanam wortel yang baik supaya hasil panen memuaskan

[Daftar isi teknik budidaya dan cara menanam wortel yang baik dan benar]

Sebelum menyimak informasi tips menanam wortel atau cara menanam wortel yang baik dan benar dan bagaimana berkembang biak wortel, berikut tentang keterangan wortel.

Tentang tanaman Wortel dan manfaatnya

Tanaman wortel adalah sejenis tanaman sayur yang kaya akan manfaat, seperti kegunaan wortel untuk mencegah penyakit kanker, mencegah penyakit jantung, menyehatkan kulit, menjaga kesehatan mata dan masih banyak yang lainnya.

Selain kaya akan manfaat wortel juga memiliki banyak penggemar karena rasanya lezat baik dimakan langsung dan diolah menjadi juz dan lain-lain.

Jika tertarik budidaya wortel dan ingin mengetahui bagaimana cara perkembangbiakan tanaman wortel dan cara menanam tumbuhan wortel di dataran rendah maupun di dataran tinggi atau cara budidaya wortel dari wortel di tanah yang gembur agar tumbuh subur.

Berikut ini adalah ulasan tentang cara bercocok tanam wortel yang baik dan benar agar hasilnya optimal.

Cara menanam Wortel yang baik dan benar agar hasilnya optimal

Menanam wortel sebenarnya tidaklah sulit, cuma ada beberapa hal penting yang tentunya harus dipahami supaya wortel yang ditanam dapat benar-benar sesuai yang diharapkan.

Tentunya yang harus di pahami yaitu mulai dari syarat-syarat tumbuh wortel, cara membuat bibit wortel, bibit wortel dataran rendah, cara penanam wortel yang baik dan benar agar hasilnya optimal dan tahap tahap lainnya.

Nah Jika anda masih bingung mengenai hal penting sebelum melakukan penanam wortel jangan khawatir berikut ini penjelasannya, melansir dari sentrabudidaya com yang menjelaskan tentang cara menanam tanaman sayur wortel yang baik dan benar agar hasilnya optimal.

Syarat-syarat Tumbuh Tanaman Wortel

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam teknik budidaya tanaman wortel jika ingin budidaya wortel dan mendapatkan hasil yang optimal

Tentunya adalah syarat- syarat tumbuh wortel dan beberapa faktor penting agar tanaman wortel dapat tumbuh secara maksimal, dibawah ini beberapa syarat tumbuh wortel dan penjelasannya diantaranya.

#1. Tanah

Syarat tumbuh wortel yang pertama adalah tanah, jenis tanah yang untuk tanaman wortel adalah andosol, alluvial dan latosol sering dijumpai pada daerah dataran tinggi namun bukan berarti tanaman wortel tidak bisa untuk ditanam pada daerah dataran rendah.

Tingkat keasaman atau pH tanah yang sesuai adalah 5,5-6,5 dan tingkat kemiringan tanah kurang dari 30% dianggap baik sedangkan pada daerah kemiringan lebih dari 30% dianggap tidak baik lalu ketinggian lokasi penanam yang sesuai untuk tanaman wortel mencapai 1000-1500 dpl.

#2. Suhu

Syarat tumbuh wortel selanjutnya adalah suhu, karena suhu memiliki fungsi untuk penunjang proses metabolisme, transpirasi, fotosintesis, penyerapan air.

Tingkat suhu yang sesuai untuk tanaman wortel adalah 15- 21 derajat C, karena jika suhu didaerah budidaya wortel terlalu tinggi akan merusak kualitas umbi itu sendiri seperti umbi lebih pendek atau kecil.

#3. Curah hujan

Syarat tumbuh wortel selanjutnya adalah faktor hujan, Syarat penting tanaman wortel tumbuh tergantung dari curah hujan

Dalam masalah ini sebenarnya berkaitan dengan ketersediaan air karena jika jumlah air kurang akan menghambat proses pertumbuhan wortel sedang jika jumlah air berlebihan akan mengakibatkan wortel lebih mudah terserang penyakit.

Curah hujan yang cocok untuk tanaman wortel adalah pada daerah iklim basah curah hujan 1-3 bulan musim kering dalam 1 tahun, pada musim agak basah 3-4 musim kering dalam setahun dan pada musim sangat basah curah hujan 0-1.5 musim kering dalam setahun.

#4. Kelembaban

Syarat tumbuh tanaman wortel berikutnya adalah kelembaban daerah, jika suatu daerah memiliki kelembaban tinggi akan menganggu proses pertumbuhan wortel seperti wortel lebih mudah terserang penyakit dan proses penyerapan CO2 terganggu sehingga fotosintesis tidak bisa dilakukan.

Kelembaban yang cocok untuk tanaman wortel adalah 80-90 % jika lebih akan mengakibatkan beberapa masalah seperti diatas.

Itulah tentang beberapa syarat tumbuh wortel yang harus di perhatikan agar mendapat hasil yang optimal

Panduan Budidaya Dan Menanam Wortel yang Baik dan Benar

Setelah mengetahui syara-syarat tumbuh tanaman wortel atau syarat tumbuh wortel, selanjutnya adalah tahap-tahap menanam wortel yang baik dan benar.

Pada tahap ini menjelaskan beberapa faktor penting dalam cara budidaya tanaman wortel yang menjelaskan cara membuat bibit wortel, pemilihan bibit wortel, pembenihan wortel, cara pengolahan lahan tanaman wortel, cara penanaman wortel dan lain lain.

Berikut ini adalah cara membuat bibit wortel dan pemilihan benih wortel yang benar, bagimana cara membuat bibit wortel dan pemilihan benih wortel yang baik dan benar ikuti penjelasannya dibawah ini.

# Pemilihan Bibit Wortel

Tahap pertama dalam cara menanam bibit wortel dari wortel yang baik dan benar adalah pemilihan bibit unggulan dan cara membuat bibit wortel, pada tahap inilah yang akan menentukan hasil panen kedepannya.

Pada umumnya ada dua cara membuat bibit wortel yang bisa dilakukan untuk memilih bibit wortel yaitu membuat bibit wortel sendiri dan membeli bibit wortel pada toko pertanian.

Jika ingin mengembangkan tanaman wortel sendiri untuk di jadikan bibit wortel dan untuk ditanam kembali dibawah ini cara membuat bibit wortel

Cara membuat bibit unggul tanaman wortel

Ingin mengetahui bagaimana cara membuat bibit unggul tanaman wortel atau cara membuat bibit wortel yang baik dan benar berikut ini caranya:

(1). Pilih indukan atau umbi wortel yang mudah beradaptasi dengan wilayah sekitar

(2). Lalu pilih juga indukan wortel yang tidak terserang hama dan dalam kondisi fisik berwarna cerah

(3). Selanjutnya pilih indukan yang sudah berumur 100 hari, lalu ukuran indukan besar lurus dan tidak bercabang

(4). Langkah berikutnya potong bagian ujung wortel 1/3 cm, dan potong daun wortel (sisakan 10 cm)

(5). Siapkan bedengan, tabur permukaan wortel dengan pupuk Trichompos dan diamkan selama 1 minggu

(6). Tanaman indukan wortel diatas bedengan dengan kedalaman sekitar 5 cm dan siram menggunakan larutan Trichoderma, air dan ZPT organik setiap 2 minggu sekali

(7). Lakukan penyiraman sekali pada sore hari ( lakukan setiap hari pada musim kemarau)

(8). Tunggu hingga 1 bulan, tanaman wortel akan mulai berbunga lalu setelah 2 minggu bunga akar mekar

(9). Bunga wortel yang sudah mengering dan berwarna kecokelatan siap dipanen

(10). Setelah proses panen kumpulan biji bunga dalam satu tempat (plastik) ikat rapat

(11). Bibit wortel siap

Itulah cara membuat bibit wortel dan cara membuat bibit wortel unggul, namun jika ingin langsung membeli bibit di toko pertanian tidak masalah asal bibit memenuhi beberapa ciri unggulan.

Ciri ciri bibit unggulan pada umumyna seperti bentuk bibit seragam, sudah terbukti menghasilkan panen tinggi, dan berasal dari indukan tanaman wortel yang berumur pendek.

# Pembenihan Wortel

Setelah syarat tumbuh wortel dan cara membuat bibit wortel selanjutnya tentang cara menanam benih wortel yang baik dan benar adalah proses pembenihan wortel.

Pembenihan bertujuan agar bibit dapat tumbuh lebih maksimal dan berikut ini dijelaskan langkah-langkah pembenihan wortel yang baik dan benar.

Cara pembenihan tanaman wortel

Bagaimana cara pengembangbiakan wortel atau cara pembenihan tanaman wortel berikut langkah-langkahnya untuk cara membibit wortel

(1). Siapkan bibit yang sudah anda pilih, baik dari bibit yang buat sendiri atau bibit yang dibeli dari toko pertanian

(2). Ambil biji lalu gosok menggunakan tangan agar bibit tidak menempel satu sama lain

(3). Rendam bibit dengan air dingin selama sehari semalam, tunggu bibit wortel tumbuh kecambah

(4). Keluar bibit yang sudah mulai tumbuh kecambah, letakkan di suatu tempat dengan rapi.

Setelah cara pembenihan tanaman wortel dan cara membuat bibit wortel serta syarat tumbuh wortel, tahap selanjutny adalah pengolahan lahan untuk tanaman wortel.

# Pengolahan Lahan Tanam

Tahap selanjutnya dari budidaya dan menanam wortel yang baik dan benar adalah pengolahan lahan

Sebelum praktek pengolahan ada baiknya pastikan dulu apakah persiapan lahan untuk tanaman wortel dan lokasi lahan tanam sudah benar benar sesuai dengan persyaratan yang jelaskan diatas.

Cara pengolahan lahan untuk tanaman wortel

Apabila sudah sesuai langsung saja praktekan cara pengolahan lahan untuk menanam wortel berikut ini penjelasannya.

(1). Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan berupa cangkul, sabit dan pupuk kandang kering

(2). Bersihkan lahan tanam dari hama pengganggu baik rumput, sisa tanaman yang tidak berguna mengunakan cangkul dan sabit

(3). Setelah lahan bersih, mulailah proses pembajakan atau penggemburan tanah menggunakan cangkul dengan kedalam 40 cm. Pada langkah ini anda bisa menambahkan pupuk kandang kering agar lebih tercampur rata dengan perbandingan 3:1.

(4). Jika lahan memiliki ph tanah dibawah 5 atau diatas 7, anda bisa melakukan pengapuran terlebih dulu dan setelah kapur ditaburkan biarkan selama 1-2 minggu

(5). Selanjutnya buat bedengan dengan lebar 130 cm, tinggi bedangan 50 dan panjang sesuaikan dengan kondisi lahan.

(6). Lalu buat drainase disekitar bedengan dengan jarak 40 cm lalu buat juga lubang penanam melon di bedengan dengan jarak antar lubang 30-40 cm.

(7). Tahap selanjutnya menutup bedengan menggunakan plastik dan biarkan selama 1-2 minggu.

Setelah pengolahan lahan maka tahap selanjutnya tentang cara budidaya wortel dan cara menanam benih wortel yang baik dan benar agar mendapatkan hasil optimal adalah cara pengolahan lahan untuk menanam wortel.

# Penanam Tanaman Wortel

Tahap selanjutnya yang dilakukan adalah proses penanam wortel, setelah persiapan lahan untuk tanaman wortel sudah siap

Sebenarnya cara menanam tanaman wortel pada tahap ini sangat mudah dibandingkan dengan beberapa tahap lainya, hanya perlu pengetahuan mengenai cara budidaya dan menanam wortel yang benar dan teliti agar tanaman wortel tumbuh dengan baik

Cara menanam bibit wortel

Berikut ini langkah-langkah cara menanam tanaman wortel yang juga bisa di terapkan sebagai cara tanam wortel di dataran rendah dan cara menanam bibit wortel dari wortel di tanah yang gembur agar tumbuh subur.

(1). Ambil bibit dari tempat penyimpanan lalu tanam di area bedeng yang sudah disiapkan sebelumnya.

(2). Setelah itu tutup kembali dengan tanah, kalau perlu tutup menggunakan daun agar bibit tidak tergenang air jika hujan.

(3). Terakhir tunggu sampai bibit tumbuh daun 2-3 helai baru bisa anda buka daunnya dan siram dengan air secukupnya.

Setelah cara penanam wortel yang juga berlaku sebagai cara penanaman wortel di dataran rendah dan cara menanam benih wortel dari wortel di tanah tahap berikutnya adalah proses perawatan tanaman wortel yang baik dan benar.

# Proses Perawatan Tanaman Wortel

Selanjutnya adalah proses perawatan tanaman wortel, tahap dari cara menanam tanaman wortel ini adalah salah satu tahap penting yang akan menentukan hasil panen kedepannya.

Meskipun tanaman wortel tetap dapat tumbuh walaupun tidak dirawat tapi hasilnya akan jauh dibandingkan dengan wortel yang dirawat, berikut ini caranya:

Cara perawatan tanaman wortel

Setelah masa penanaman tanaman wortel maka selanjutnya adalah merawat tanam wortel, beberapa cara perawatan tanaman wortel penting dipahami agar hasil panen wortel maksimal dan optimal, nah berikut ini adalah cara perawatan tanaman wortel.

#1. Penjarangan dan penyiangan

Perawatan tanaman wortel yang pertama adalah penjarangan dan penyiangan, penjarangan adalah proses pengurangan jumlah tanaman dengan tujuan memberikan ruang untuk tanaman lain tumbuh lebih besar dan subur. Kegiatan penjarangan dilakukan pada tanaman yang berumur 1 bulan dari masa awal tanam.

Selanjutnya penyiangan adalah proses pembersihkan lahan tanam wortel dari beberapa hama pengganggu baik tumbuhan maupun hewan seperti ulat, kegiatan ini dilakukan pada tanaman yang berumur 1-2 namun juga tergantung kondisi lahan juga.

#2. Pengairan

Tanaman wortel memerlukan ketersedia air yang cukup, agar proses pemasakan makanannya tidak kurang karena air berguna sebagai bahan pelarut zat hara yang akan dihisap oleh akar.

Penyiraman dilakukan setiap hari pada tanaman wortel yang baru ditanam, namun jika tanaman sudah mulai tumbuh besar kegiatan penyiraman bisa dikurang tapi harus diingat tingkat kelembaban daerah harus diperhatikan.

#3. Pemupukan susulan

Perawatan selanjutnya adalah pemupukan, anda bisa memberikan pupuk jika tanaman sudah masuk umur 30 hari.

Pemupukan bisa menggunakan pupuk organik ataupu anorganik, jika menggunakan pupuk anorganik anda bisa menggunaka pupuk urea dan KCI dengan perbandingan 2:1 dan jika menggunakan pupuk organik bisa menggunakan pupuk kandang ataupun kompos dengan jumlah 1,5 kg diatas permukaan bedengan.

Setelah melalui serangkaian cara tanam wortel yang baik dan benar yang didalam terdapat beberapa tahap seperti syarat tumbuh wortel, cara membuat bibit wortel dataran rendah, cara menanam wortel di dataran rendah, cara penanaman wortel dari wortel di tanah yang gembur, maka selanjutnya adalah proses panen wotel.

# Proses Panen Wortel

Tahap terakhir dari budidaya dan menanam wortel yang adalah panen, kegiatan ini sebenarnya tidaklah sulit namun ada hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan panen yaitu ketepatan waktu karena jika dipanen diusia yang terlalu tua maka umbi akan keras dan kualitasnya akan turun oleh karena itu usahakan untuk memanen wortel pada usia 3 bulan dari awal penanaman.

Proses panen sangatlah mudah karena hanya perlu mencabut umbi wortel dari tanah lalu bersihkan dari kotoran. dan membuang batang wortel atau dibiarkan saja semua tergantung permintaan pasar.

Demikianlah tentang cara menanam Sayur wortel atau budidaya wortel semoga informasi cara penanam wortel yang baik diatas dapat bermanfaat bagi yang ingin budidaya wortel.

You Might Also Like:

Wajib Diketahui: Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot iklan.