Skip to main content

#6 Cara mengusir semut rangrang dengan baik mengunakan bahan-bahan alami

Sudahkah mengetahui cara ampuh mengusir semut rangrang dengan baik dan cara alami jika belum mengetahui cara usir semut rangrang yang mengangangu.

Artikel ini akan memberikan informasi cara mengusir semut rangrang secara alami dengan bahan-bahan alami yang ada disekitar kita

[Daftar isi cara ampuh untuk mengusir semut rangrang di rumah dan di pohon]

Sebelum menyimak informasi cara menghilangkan semut rangrang di rumah dan mengusir semut rangrang di pohon, sebaiknya mengenal semut rangrang terlebih dahulu

Tentang Semut Rangrang

Semut rangrang adalah semut berukuran agak besar yang dikenal memiliki kemampuan tinggi dalam membentuk anyaman untuk sarangnya.

Semut rangrang sama halnya dengan semut lain yang merupakan serangga sosial membentuk koloni yang sering dianggap banyak orang sebagai hewan pengganggu, sehingga mencari cara mengatasi semut rangrang baik di pohon maupun ditempat lain.

Semut rangrang bersifat teritorial artinya menjaga tempat hidupnya, dan juga bertemperamen dan galak. itulah mengapa kebanyakan orang tidak menyukai semut rangrang karena disamping galak, juga keberadaannya terkadang dianggap mengganggu sehingga banyak yang mencari cara berantas semut rangrang di pohon.

Semut rangrang tidak segan-segan menyerang apa pun yang mendekati kawasan aktivitasnya. Karena perilakunya ini, banyak pemilik pohon dan pemilik tanam serta orang yang tak menyukai keberadaannya

Karena semut sangat mengganggu juga lama kelamaan pohon yang tempatinya terganggu pertumbuhannya, lalu bagaimana cara mengatasi semut rangrang dan cara mengusir semut rangrang tersebut.

Jika merasa sangat terganggu dengan keberadaan rangrang, ada beberapa cara mengatasi semut rangrang yang bisa di lakukan untuk mengusir semut rangrang dari pohon dan cara menghilangkan semut rangrang di pohon atau dari tempat lain dengan memanfaatkan bahan bahan yang ada disekitar kita.

6 Cara Mengusir Semut Rangrang

Sebelum mengusir semut rangrang perlu juga di ketahui bahwa tak selamanya semut rangrang menganggu, semut rangrang akan beraksi jika diganggu, dan dibalik semua itu,semut rangrang bagi sebagaian orang sangat bermanfaat sebagai sumber pakan burung berkicau.

Larvanya dikenal sebagai kroto disukai oleh burung pemakan serangga. Kroto merupakan komoditas perdagangan sekunder sebagai tambahan penghasilan bagi sebagian orang.

Akan tetapi jika keberadaan semut rangrang sudah sangat mengganggu dan ingin mengusir semut rangrang dari pohon atau mungkin ingin membasmi semut rangrang di rasa sudah sangat mengganggu berikut ini cara mengusir semut rangrang atau cara berantas semut rangrang di pohon.

#1 Mengusir Semut Rangrang Menggunakan Abu Dapur / Abu Kayu

Abu dapur atau abu kayu adalah bahan alami yang bisa dipakai untuk melengkapi cara mengusir semut rangrang dan cara mengatasi semut rangrang. Abu bisa diperoleh dari sisa pembakaran kayu. Penggunaan abu kayu memang cukup praktis dan aman .

Namun, saat mengaplikasikan abu kayu ke sarang semut rangrang sebaiknya gunakan masker agar abunya tidak terhirup.

Cara efektif untuk mengusir semut rangrang di pohon dengan menggunakan abu kayu adalah dengan menaburkan abu di sekitar pohon dan ranting-ranting yang dilalui semut rangrang.

Agar tidak digigit semut rangrang sebaiknya taburkan juga abu kayu di tempat-tempat di bagian dalam rumah yang biasa dilewati semut rangrang.

# 2 Mengusir Semut Rangrang Menggunakan Buah Mengkudu Busuk

Cara mengatasi semut rangrang selanjutnya adalah dengan buah mengkudu, Buah mengkudu adalah buah dengan bau yang sangat khas. Nah, buah ini adalah musuh alami semut rangrang karena baunya yang cukup menyengat.

Buah mengkudu bisa menjadi salah satu bahan alami untuk mengusir semut rangrang, Akan tetapi, gunakan buah mengkudu yang sudah membusuk agar lebih ampuh.

Cara mengusir semut rangrang dengan buah mengkudu busuk:

  • Ambil beberapa buah mengkudu
  • Haluskan buah menggudu busuk
  • Peras airnya
  • Campurakan dengan air
  • Perbandingan 1 kilogram buah mengkudu busuk dan 5 liter air
  • Masukkan cairan mengkudu busuk ini ke dalam botol semprot, kemudian semprotkan ke pohon atau tempat-tempat yang dilalui oleh semut rangrang.

Cara ini di percaya bisa mengusir semut rangrang yang dianggap menganggu. Semprotan dari buah mengkudu busuk ini adalah bahan alami yang ditakuti semut rangrang.

Cobalah untuk menyemprotkan cairan ini secara rutin setiap hari agar semut rangrang yang dianggap menganggu kabur dari tempatnya.

#3 Mengusir Semut Rangrang Menggunakan Tembakaʋ

Selama ini tembʌkau dikenal sebagai bahan baku pembuatan rok0k. Namun, tahukah Anda jika tembʌkau bisa menjadi salah satu cara membasmi semut rangrang di pohon mangga dan mengusir semut rangrang yang paling ampuh ditempat lain

Ingin mencoba cara alami mengusir semut rangrang dengan tembʌkau berikut ini caranya;

Cara mengusir semut rangrang menggunakan tembʌkau

  • Ambil segenggam tembʌkau dan campurkan dengan 2-3 liter air.
  • Aduk tembakau dan air sampai warna airnya berubah menjadi kecoklatan.
  • Siramkan air larutan tembʌkau ke tempat-tempat yang sering dilewati semut rangrang.

Cara ini cukup ampuh untuk membuat semut rangrang menyingkir. Namun, harus menyiramkan air tembakau ini setiap hari agar aromanya tetap kuat. Jika tidak ada tembʌkau, cobalah menggunakan bahan-bahan lainnya, seperti garam atau bubuk vanila dan deterjen.

#4 Mengusir Semut Rangrang Dengan Metode Pengasapan

Belum ampuh tiga cara mengusir semut rangrang diatas, Nah selanjutnya jika belum ampuh cara lain mengusir semut rangrang adalah dengan cara pengasapan.

Artinya mengumpulkan sampah dahan, ranting, dan daun yang ditimbun menjadi satu diletakkan tepat di bawah pohon yang dipenuhi semut rangrang.

Tips ini bisa digunakan sebagai cara mengusir semut rangrang di pohon jambu atau pun cara menghilangkan semut rangrang dipohon mangga dan lainnya. Kemudian, bakar sampah tersebut dan biarkan asapnya menyelimuti pohon dan mengasapi sarang semut rangrang.

Metode pengasapan ini memang murah dan praktis. namun tentunya ini hanya berlaku untuk mengusir semut rangrang yang di pohon, atau tempat yang biasa di asapi yang tak berisiko kebakaran.

#5 Mengusir Semut Rangrang Dengan Memangkas Pohon

Semut rangrang sangat senang membuat sarang di pohon yang rimbun. Beberapa jenis pohon seperti pohon mangga biasa digunakan oleh semut rangrang sebagai sarangnya untuk bertelur.

Manfaat semut rangrang untuk kehidupan sehari-hari adalah untuk pakan burung. Akan tetapi, jika Anda tidak ingin memanfaatkannya sebaiknya usir saja semut rangrang yang bersarang di pohon atau tanah yang berada di sekitar pohon.

Pohon yang rimbun dapat menutupi dahan dan membuat tanah di bawah pohon jadi lebih lembab. Kondisi seperti ini sangat pas untuk dijadikan sarang bagi semut rangrang. Oleh karena itu, sebaiknya pangkas dahan dan ranting pohon yang dibuat sarang oleh semut rangrang.

Ketika dahan pohon yang rindang dipangkas, otomatis tanah yang berada di bawahnya menjadi lebih sering terpapar sinar matahari sehingga semut rangrang tidak berlama-lama terkena panasnya sinar matahari.

Lama kelamaan semut rangrang akan hengkang dari pohon tersebut itulah cara membasmi semut rangrang di pohon mangga dan cara mengusir semut rangrang dari pohon lainnya.

#6 Mengusir Semut Rangrang Insektisida

Jika sudah mencoba berbagai macam cara mengusir semut rangrang namun tetap belum ada belum ada yang berhasil, cara lain yang bisa di gunak untu mengusir semut rangrang adalah dengan mengunakan Isektisida

Tidak hanya sekedar mengusir, insektisida dapat menjadi pembasmi semut rangrang yang cukup ampuh hingga ke sarangnya.

Langkah pertama adalah mencari sarang semut rangrang. Setelah mengetahui sarangnya, tuangkan cairan insektisida ke dalam sarangnya. Sangat disarankan untuk menggunakan insektisida cair agar lebih praktis saat menuangnya ke sarang semut rangrang.

Jika kesulitan menyiramkan insktisida ke sarang semut rangrang, cara lain yang bisa di tempuh adalah dengan menyemprot insektisida ke sarang semut rangrang atau rangrang sekaligus.

Penyemprotan insektisida secara berkala kesarang semut rangrang dapat membuat populasi semut rangrang yang berada di rumah atau di pohon jadi berkurang.

Penutup

Demikianlah cara mengusir semut rangrang dengan baik mengunakan bahan-bahan alami

Semoga informasi tentang tips dan cara mengatasi semut rangrang diatas dapat membantu bagi yang membutuhkan, karena terganggu dengan aktivitas semut rangrang.

You Might Also Like:

Wajib Diketahui: Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot iklan.