Skip to main content

Tips budidaya dan cara menanam kangkung darat yang baik dan benar

Bagaimana cara membudidayakan tanaman kangkung dan cara menanam dan merawat kangkung darat yang baik dan benar agar hasil melimpah.

Untuk anda yang ingin budidaya tanam kangkung lalu ingin mengetahui cara menanam kangkung dengan media tanah, artikel budidaya ini akan menginformasikan mengenai cara budidaya tanaman kangkung darat yang baik dan tips menanam kangkung darat agar hasil melimpah

[Daftar isi tips budidaya dan cara menanam kangkung darat yang baik dan benar]

Sebelum menyimak informasi cara budidaya tanaman sayuran kangkung atau budidaya tanaman kangkung darat, berikut ulasan singkat kangkung budidaya

Tentang tanaman kangkung

Tanaman kangkung merupakan tanaman sayur yang mudah di budidayakan, kangkung tidak pilih-pilih tempat untuk tumbuh.

Jika dulu petani tradisional memungut tanaman ini dari perairan sungai atau rawa-rawa, sekarang di darat pun kangkung tetap tumbuh dengan jenis kangkung darat.

Budidaya kangkung darat tidak memerlukan lahan yang luas, cukup di lahan 100 m2 kangkung darat dapat di tanam. Kangkung darat juga lebih disukai ketimbang kangkung air karena rasanya yang renyah dan tidak terlalu keras.

Kelebihan kangkung darat dibanding dengan kangkung air,kangkung darat dibudidayakan di darat dan dipanen dengan cara dicabut, kelebihan lain kangkung darat dapat dipanen sekitar 25-30 hari.

Perbedaan kangkung darat dan kangkung air

Apa perbedaan kangkung air dan kangkung darat? untuk perbedaan antara kangkung darat dan kangkung air

Sebelum membahas tentang cara menanam kangkung darat di rumah atau di lahan yang baik dan benar, Berikut adalah perbedaan dari kangkung darat dan kangkung air

1. Kangkung Darat

Ciri kangkung darat adalah kangkung yang daunnya agak panjang, ujungnya meruncing, dan warnanya hijau keputih-putihan, bunganya berwarna putih

Untuk tanaman kangkung darat hanya bisa tumbuh di lahan atau di tempat yang kering, seperti tegalan atau sawah yang kering, jika ditanam di tempat yang berair akan menjadi busuk.

2. Kangkung Air

Kangkung air adalah kankung dengan daun agak pendek, berujung agak tumpul, warnanya hijau kelam, bunganya berwarna putih kekuning - kuningan atau putih kemerah-merahan

perbedaan kangkung air dan darat, kangkung air hidup di tempat yang berair seperti rawa, kolam, atau sungai yang airnya tenang.

Itulah perbedaan kangkung darat dan kangkung air, setelah mengetahui perbedaan kangkung darat dan air yang hanya dibedakan dari bentuk daun dan tempat tumbuh kangkung

Selanjutnya adalah tentang bagaimana cara budidaya kangkung yang baik dan cara menanam kangkung darat di rumah

Tips Budidaya Dan Cara Menanam Kangkung Darat yang Baik dan Benar

Kangkung adalah jenis sayuran yang banyak diminati masyarakat luas. Kangkung memiliki rasa yang lezat dan harga yang terjangkau di pasaran. Mulai dari tempat makan yang sederhana sampai yang mewah memiliki menu makanan dari bahan kangkung.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara menanam kangkung darat di rumah dan di lahan atau mungkin ingin mengetahui lebih detail bagaimana cara budidaya kangkung yang baik atau tips dan cara budidaya kangkung darat,

Berikut adalah cara menanam kangkung darat di rumah dan tips budidaya kangkung darat agar hasil melimpah, Melansir dari farming. id.

Banyak cara menanam kangkung di kolam dan cara budidaya kangkung darat namun dapat dilakukan tips berikut untuk mendapat hasil panen yang lebih melimpah dan memuaskan.

Pembibitan Kangkung Darat

Bagian pertama bagaimana cara budidaya kangkung yang baik dan benar dan cara menanam kangkung darat di rumah adalah pembibitan kangkung

Ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan saat akan menanam kangkung darat dan salah satunya adalah mempersiapkan bibit kangkung darat:

(1). Pembibitan dapat dilakukan melalui cara vegetatif dengan stek batang dan cara generatif dengan menggunakan biji.

Namun disarankan menggunakan biji agar bisa memilih benih yang berkualitas tinggi dan seragam.

(2). Jangan menggunakan benih yang sudah berumur lebih dari satu tahun, karena produktivitasnya akan menurun.

(3). Bibit kangkung darat yang baik tumbuh dengan tegak, dan tidak menjalar.

Setelah persiapan pembibitan kangkung darat maka selanjutnya tentang cara menanam kangkung darat yang harus di persiapkan supaya hasil memuaskan adalah persiapan lahan.

Persiapan Lahan Untuk Menanam Kangkung Darat

Jika mempersiapkan bibit tanaman sudah selesai dilakukan, saatnya untuk menggarap lahan untuk tanam kangkung dengan memanfaatkan cangkul atau membajak:

(1). Terlebih dahulu lahan dibersihkan dari gulma dan kotoran.

(2). Buatlah bedengan selebar 1 meter dengan ketinggian sekitar 30 cm.

(3). Jarak antar bedengan 30 cm untuk saluran drainase air dan jalan pemeliharaan.

(4). Usahakan lahan mendapat sinar matahari penuh dan rata untuk pertumbuhan kangkung.

Pemupukan Lahan Untuk Tanaman Kangkung Darat

Setelah persiapan lahan cara menanam kangkung darat sudah selasai maka selanjutnya yang dilakukan adalah pupuk kangkung atau pemupukan lahan sebelum penanaman kangkung darat.

cara pemupukan lahan untuk menanam kangkung darat dirumah atau di lahan:

(1). Dilakukan sekali sebelum penanaman karena untuk pupuk dasar dan kebutuhan nutrisi sampai tanaman sampai panen.

(2). Pemupukan dilakukan dengan pupuk kandang yang terutama berasal dari kotoran ayam. Pupuk akan lebih ramah lingkungan dan terurai sehingga cocok dengan tanaman kangkung yang bersiklus panen cepat.

(3). Pemupukan dilakukan 3 hari sebelum penanaman sekitar 10 ton per hektar.

Penanaman Kangkung Darat

Selanjutnya tentang bagaimana cara budidaya kangkung yang baik dan cara menanm kangkung darat yang benar adalah penanaman kangkung darat

Setelah menebar pupuk di lahan yang akan di tanami kangkung darat maka selanjutnya adalah penanaman berikut adalah cara menanam kangkung darat:

(1). Lubang tanam atau sebagai jarak tanam disiapkan 20 cm x 20 cm untuk ruang tumbuh kangkung.

(2). Jangan menyebar benih, namun masukan benih ke dalam tiap lubang sebanyak 3 biji agar lebih tertata dan optimal pertumbuhannya serta tidak ada benih yang terbuang, walaupun cara ini memakan waktu yang lebih lama.

(3). Tutup lubang tanam dengan tanah yang sudah dicampur pupuk kandang.

Pemeliharaan Kangkung Darat

Setelah penanam kangkung darat selesai maka hal yang dilakukan adalah menunggu sampai masa tumbuh hingga pemeliharaan

pemeliharaan kangkung darat hal-hal yang harus diperhatikan supaya mendapatkan hasil yang memuaskan, meliputi:

(1). Penyulaman

Peyulaman Tanaman Kangkung Darat dilakukan untuk mengambil atau mengganti tanaman yang tidak tumbuh dengan sempurna agar tidak mengganggu tanaman yang lain.

(2). Penyiangan

Penyiangan Tanaman Kangkung Darat dilakukan untuk pembersihan gulma yang pertumbuhannya lebih cepat dibanding kangkungnya sendiri.

(3). Pengairan

Pengairan Tanaman Kangkung Darat merupakan hal terpenting yang perlu diperhatikan. Air harus selalu tersedia dalam kondisi lapang. Penyiraman dapat dilakukan pagi dan sore hari bila air hujan tidak mencukupi.

(4). Pengendalian hama dan penyakit Kangkung Darat

Pengendalian hama dan penyakit dilakukan untuk mencegah produksi kangkung menurun. Hama yang sering menyerang adalah ulat grayak (Spodaptera litura) dan kutu daun (Myzus persicae).

Sedangkan penyakit yang sering menyerang adalah karat putih. Gunakan pestisida biologi atau nabati untuk menjaga kualitas dan keamanan produk.

(5). Pemupukan

Pemupukan tanaman Kangkung darat dilakukan apabila diperlukan saja atau jika keadaan tanah memang kurang subur.

Panen Kangkung Darat

Pada umunya untuk masa panen kangkung darat dapat dilakukan sekitar 4-6 minggu setelah masa tanam. Kangkung yang sudah siap panen berwarna hijau dan sudah lebat. Kangkung darat memang memiliki batang yang lebih kecil dan warna yang tidak sehijau kangkung air.

Pemanenan pertama dapat dengan cara dipotong batang bagian bawah, karena kangkung darat mampu dipanen 2 kali, sehingga panen yang kedua bisa dengan mencabut sampai akarnya.

Pemasaran kangkung dilakukan dengan membersihkan hasil panen dengan air mengalir sehingga terhindar dari kontaminan dan menjaganya agar tetap segar. Hasil panen juga jangan sampai terkena matahari secara langsung dan ditempatkan di tempat yang lembab.

Demikianlah informasi pertanian tentang bagaimana cara budidaya kangkung yang baik serta tips dan cara budidaya kangkung darat dan cara menanam kangkung darat yang baik dan benar, semoga informasi pertanian atau budidaya diatas dapat bermanfaat, bagai yang membutuhkan.

You Might Also Like:

Wajib Diketahui: Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot iklan.