Skip to main content

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu diketahui

Sudahkah mengetahui manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh dan khasiat minyak kelapa untuk kecantikan wanita terutama kegunaan minyak kelapa untuk wajah dan kesehatan kulit.

Apa bila mengetahui apa manfaat minyak kelapa asli dan manfaat minyak kelapa untuk obat, artikel kesehatan ini akan menginformasikan manfaat minyak kelapa untuk tubuh dan wajah beserta cara membuat minyak kelapa.

[Daftar isi tentang manfaat minyak kelapa bagi kecantikan dan kesehatan]

Sebelum menyimak informasi khasiat dan manfaat minyak kelapa untuk kesehatan, berikut sekilas mengenai kegunaan minyak dari kelapa

Tentang minyak kelapa dan manfaatnya

Minyak kelapa adalah minyak yang terbuat dari perasan santan kelapa murni atau minyak nabati yang diekstrak dari daging buah kelapa asli dengan teknik ekstraksi

Minyak Kelapa yang biasanya dipergunakan untuk memasak ataupun mengoreng ternyata memiliki manfaat lain yang perlu diketahui, seperti manfaat minyak kelapa untuk rambut dan lain sebagainya tentang fungs minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan.

Untuk anda yang ingin mengetahui manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan kecantikan, dibawah ini informasi kegunaan minyak kelapa dalam kesehatan, dilansir dari alodokter com

Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat minyak kelapa cukup beragam, baik untuk keperluan memasak maupun keperluan perawatan tubuh.

Kandungan di minyak kelapa secara medis hingga kini masih diteliti. Meski, klaim tentang manfaat minyak kelapa hingga kini belum terbukti 100 persen, tetapi penggunaannya kian populer di masyarakat.

Kegunaan minyak kelapa menurut beberapa penelitian diperkirakan dapat berguna bagi kesehatan dan kecantikan.

Berikut ini beberapa kemungkinan manfaat yang bisa didapat dari minyak kelapa.

A. Khasiat minyak kelapa dalam kesehatan

Minyak kelapa yang baik adalah yang murni atau virgin coconut oil (VCO), bukan minyak olahan. VCO diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa suhu tinggi.

Hal ini bertujuan agar kandungan alaminya, seperti senyawa phenolic, tidak rusak. Oleh karena itu, manfaat minyak kelapa murni berpotensi sebagai antioksidan.

Selain itu, manfaat minyak kelapa untuk kesehatan karena senyawa dalam minyak kelapa seperti asam laurat, kaprilat dan kaprat dapat menjadi penunjang pertumbuhan probiotik di dalam saluran pencernaan dan berfungsi melawan bakteri jahat.

Berikut adalah beberapa kemungkinan manfaat minyak kelapa bagi kesehatan tubuh.

#1. Manfaat Minyak Kelapa Untuk Diet

Memanfaatkan miyak kelapa sebagai diet Anda dapat menggunakan minyak kelapa VCO sebagai minyak ketika memasak atau dicampurkan pada Kandungan dalam VCO dipercaya dapat membantu menstimulasi metabolisme.

Salah satu efek yang dapat didapatkan pada minyak kelapa yaitu membuat kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk mengonsumsi makanan berlebih atau menyantap camilan akan berkurang.

Selain itu, minyak kelapa terdiri dari asam lemak rantai sedang yang mudah masuk ke dalam sel-sel hati. Kelebihannya ini menjadikan minyak kelapa sebagai lemak yang cepat dibakar tubuh menjadi energi. Asam lemak rantai sedang tidak mudah diubah menjadi cadangan lemak, jadi mendorong penurunan berat badan.

Meski diklaim baik untuk mereka yang ingin mengurangi berat badan, sejauh ini data mengenai efektivitas minyak kelapa untuk diet masih terbatas, sehingga masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Bila ingin menurunkan berat badan tidak bisa hanya mengandalkan minyak kelapa VCO. Anda tetap perlu berolahraga dan menjalani pola makan yang sehat dan seimbang.

VCO dapat dikatakan sebagai bagian kecil dari pola makan yang baik. Konsumsinya maksimal satu sendok makan dalam sehari.

#2. Antioksidan yang Baik untuk Jantung karena Mengandung Polifenol

Manfaat minyak kelapa untuk kesehatan jantung diduga karena kandungan polifenolnya.

Hal ini karena polifenol mencegah terjadinya aterosklerosis, yakni pengerasan dinding pembuluh darah akibat menumpuknya plak lemak pada dinding pembuluh darah. Ini berarti risiko penyakit jantung juga berkurang.

Jika kondisi kesehatan Anda normal, mungkin minyak kelapa dapat dimasukkan ke dalam menu diet. Jika Anda memiliki penyakit jantung, disarankan untuk konsultasikan dulu ke dokter terkait konsumsi minyak kelapa.

#3. Manfaat minyak Kelapa Untuk Mengurangi Lemak Jahat

Salah satu manfaat minyak kelapa yang diklaim baik untuk kesehatan yaitu mengurangi kolesterol total, lemak jahat (LDL), dan trigliserida, serta meningkatkan lemak baik (HDL). Efek ini diprediksi dapat memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi minyak kelapa hanya meningkatkan kadar lemak baik, tetapi tidak memberikan dampak signifikan pada penurunan kolesterol total dan lemak jahat dalam darah. Karena itu, manfaat minyak kelapa yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

#4. Manfaat Minyak Kelapa Untuk Diabetes

Rantai asam lemak dalam minyak kelapa diduga dapat memperbaiki toleransi glukosa dalam tubuh. Pada kasus diabetes tipe 2, minyak kelapa juga dipercaya dapat memperbaiki sensitivitas insulin.

Namun, masih diperlukan penelitian yang lebih luas untuk membuktikan hal ini.

B. Manfaat Minyak Kelapa untuk Kecantikan

Selain beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan, kegunaan minyak kelapa juga diduga dapat bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah

Lalu apa khasiat minyak kelapa untuk kecantikan, berikut beberapa fungsi dan manfaat minyak kelapa untuk kecantikan, diantaranya:

#1. Mengobati jerawat

Manfaat minyak kelapa untuk kecantikan yang bertama adalah manfaat minyak kelapa untuk wajah sebagai pengobatan jerawat, tidak harus selalu menggunakan obat berbahan kimia, tapi bisa juga dengan minyak kelapa VCO.

Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa diduga kuat efektif mengurangi peradangan dan melawan bakteri.

Oleh karena itu, asam laurat dalam minyak kelapa dapat menjadi alternatif untuk antibiotik bagi kulit berjerawat. Tentunya, jangan lupa untuk senantiasa menjaga kebersihan kulit dan memperhatikan asupan makanan.

#2. Pelembap

Selain minyak kelapa bermanfaat untuk wajah, untuk merawat jerawat, asam laurat yang terdapat dalam minyak kelapa juga berfungsi dan bermanfaat sebagai pelembap kulit.

Tidak hanya untuk kulit yang sehat, minyak kelapa juga dapat digunakan pada penyakit kulit eksim dan psoriasis. Efek antibakterinya diduga sangat berguna untuk melawan penyebaran bakteri stafilokokus pada penyakit ini.

#3. Masker rambut

Minyak kelapa bukan hanya bermanfaat mengobati jerawat dan sebagai pelembab, teernyata manfaat minyak kelapa untuk rambut, juga bisa di gunakan sebagai masker rambut untuk mengembalikan kilau dan kekuatan rambut.

Setelah menggunakannya selama 15 menit, segera dibilas sampai bersih.

#4. Kutu rambut

Selanjutnya manfaat minyak kelapa untuk rambut adalah menjauhkan kutu rambut, dengan cara mengoleskan minyak kelapa pada rambut, Kandungan asam laurat pada minyak kelapa diduga berperan sebagai pembasmi kutu alami.

Minyak kelapa dapat digunakan untuk mengobati kutu rambut pada orang yang memiliki kulit sensitif atau tidak cocok dengan pengobatan kutu rambut.

Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas minyak kelapa dalam mengobati kutu rambut

Setelah mengetahui manfaat minyak kelapa untuk kesehatan dan manfaat minyak kelapa untuk kecantikan, seperti manfaat minyak kelapa untuk rambut,

Selanjutnya adalah cara membuat minyak kelapa untuk dimanfaatkan bagai kesehatan dan kecantikan, beriku adalah cara membuat minyak kelapa:

Cara Membuat Minyak Kelapa

Bagaimana cara nya membuat minyak kelapa, Membuat minyak kelapa tidaklah terlalu sulit, siapa pun bisa membuat sendiri di rumah.

Untuk cara membuat minyak kelapa sendiri di rumah, berikut tiga cara yang sering dilakukan untuk mendapatkan minyak kelapa murni, yaitu :

#1. Merebus kelapa

Cara pertama membuat minyak kelapa murni untuk mendapatkan minyak kelapa asli adalah dengan merebus buah kelapa yang sudah tua

Berikut ini langkah-langkah cara membuat minyak kelapa rumahan:

  • Siapkan empat gelas air, lalu panaskan hingga beruap.
  • Sambil menunggu air beruap, parut dua butir kelapa yang sudah tua.
  • Campurkan parutan kelapa ke air panas, lalu blender hingga halus.
  • Saring air kelapa yang sudah diblender dengan menggunakan saringan yang rapat agar mendapatkan santan yang banyak.

Jika santan sudah terkumpul, rebus dengan suhu sedang. Aduk terus hingga air mendidih dan beruap dan krimnya yang berwarna kecokelatan terpisah dari minyak.

Proses membuat minyak kelapa ini memakan waktu hingga satu jam dan pastikan untuk tidak berhenti mengaduknya.

#2. Menyaring kelapa

Selajutnyat untuk cara membuat minyak kelapa secara manual adalah dengan merebus kelapa yang sudah tua

Untuk cara pembuatan minyak kelapa yang benar di rumah, berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Potong kecil-kecil daging kelapa yang sudah tua. 
  • Blender hingga halus dan jika dibutuhkan, bisa menambahkan air agar bisa memudahkan dan mempercepat proses pembuatannya. 
  • Saring hasil blender hingga menghasilkan santan. 
  • Tambahkan air dan lakukan berulang agar menghasilkan santan yang banyak.

Diamkan hasil perasan dalam wadah toples selama 24 jam agar lapisan santan dan minyak kelapa terpisah. Masukkan ke lemari pendingin atau simpan di ruangan dingin untuk mempercepat terbentuknya dadih.

Buang dadih dan dapatkan minyak kelapa murni yang tertinggal di dalam toples atau wadah.

#3. Mengendapkan kelapa

Cara ketiga untuk mendapatkan minyak kelapa asli adalah dengan mengendapkan kelapa, dengan menggunakan kelapa segar atau kelapa parut tawar yang dijual di toko.

Jika menggunakan kelapa segar, potong kecil-kecil kemudian keringkan selama satu hari. Jika memakai kelapa parut yang dijual di toko, pastikan memakai jenis permukaan yang kasar.

  • Masukkan ke juicer sedikit demi sedikit agar proses pemisahan kelapa dan minyak berjalan lancar. 
  • Lakukan proses ini hingga semua kelapa telah diproses. 
  • Ulangi proses ini sekali lagi agar semua minyak kelapa keluar.

Tuangkan hasil juicer ke dalam toples dan simpan di tempat yang bersuhu hangat selama sehari penuh.

Setelah itu, minyak kelapa akan terlihat muncul di permukaan, sementara lapisan kental akan mengendap di dasar toples.

Untuk mendapatkan minyak kelapa yang siap digunakan, tuangkan minyak kelapa ke dalam wadah baru.

Penutup

Itulah cara membuat minyak kelapa yang bisa dilakukan sendiri dirumah, yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Minyak kelapa yang dibuat sendiri di rumah atau dibeli di pasaran. dapat digunakan untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, bila ingin menggunakan minyak kelapa untuk memelihara kesehatan, dianjurkan membatasi takarannya karena khasiat dan keamanannya masih perlu diteliti.

Terlebih, jika memiliki kondisi medis tertentu. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan minyak kelapa, apabila memiliki masalah kesehatan.

Demikianlah informasi kesehatan dan informasi kecantikan tentang manfaat minyak kelapa, yang perlu di ketahui, semoga artikel kesehatan tentang minyak kelapa, yang bersumber dari alodokter. com dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.

You Might Also Like:

Wajib Diketahui: Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot iklan.