Skip to main content

Terkena kutu air? Ini cara membasmi dan menghilangkan kutu air secara alami

Bagaimana cara mengobati kutu air secara alami dan cara alami menghilangkan kutu air di tangan ataupun disela-sela jari kaki yang tak kunjung sembuh.

Bagi anda yang membutuhkan informasi mengenai cara mengobati kutu air secara alami, artikel ini akan menginformasikan cara menghilangkan kutu air secara alami dan cepat dan cara membasmi kutu air lama sembuh.

[Daftar isi cara membasmi dan menghilangkan kutu air secara alami ]

Sebelum miyimak informasi cara mengobati kutu air dengan alami berikut informasi singkat tentang kutu air

Tentang Kutu Air

Kutu air adalah sebutan awam bagi sejumlah krustasea kecil penghuni air. Kutu air bukan serangga dan tidak hidup sebagai parasit, sebagaimana banyak kutu yang hidup di luar air pada umumnya.

Kutu air biasanya berkembang pada bagian badan yang sering lembab seperti pangkal paha, sela-sela jari kaki dan ditangan yang menyebabkan gatal gatal.

Kutu air membandel di jari tangan ataupun di kaki jika dibiarkan lama kelamaan kulit akan infeksi, lalu bagaimana cara menghilangkan kutu air secara alami agar tidak menjalar kebagian tubuh yang lain.

Untuk menghilangkan kutu air secara alami baik yang tumbuh disela jari kaki dan di tangan serta dibagian tubuh yang sering lembab dan basah, karena sering beraktivitas dengan air.

Berikut ini adalah artikel kesehatan tentang kutu air dilansir dari "Halo Sehat" menjelaskan tentang bahan bahan alami yang bisa digunakan mengatasi kutu air di tangan dan bagian-bagian tertentu yang di badan yang terdapat kutu air.

Bahan Bahan Alami untuk Membasmi Dan Mengatasi Kutu Air secara alami

Alami kutu air memang bukan suatu masalah yang serius. Namun walau bagaimanapun ketika bagian tubuh tertentu terkena kutu air, kondisi ini tentu saja bikin tidak nyaman karena sibuk menggaruk bagian tubuh yang gatal.

Terlebih lagi ketika kutu air tumbuh di tangan atau pun di kaki, tentu kondisi ini tidak sedap dipandang karena nampak lenting berisi cairan.

Selain dengan obat ampuh membasmi kutu air yang biasa tersedia di toko obat, adakah bahan alami yang bisa mengatasi kutu air hingga tuntas?

Tentu ada obat untuk membasmi kutu air secara alami dan menghilangkan kutur air yang menganggu yang tak kunjung sembuh.

4 Cara mengatasi kutu air dengan mudah di rumah dengan bahan alami

Ada banyak pilihan krim atau salep antijamur yang bisa mengatasi kutu air yang tersedia di toko obat

Tetapi apabila ingin mengatasi kutu air mengunakan bahan bahan alami, tak ada salahnya mencoba karena mudah didapatkan.

Nah, dibawah ini beberapa bahan alami yang biasa ditemukan di dapur dan ampuh mengatasi kutu air kutu air secara alami diantaranya.

#1. Bawang Putih

Siapa bilang kalau bawang putih hanya bisa digunakan sebagai bumbu masak? Justru sejak jaman dulu kala, bawang putih telah dipercaya sebagai bahan alami untuk mengatasi kutu air

Melalui sebuah penelitian dalam Journal of Applied Microbiology tahun 2002, bawang putih diketahui memiliki sifat antijamur yang ampuh melawan jamur Candida albicans. Jenis bakteri ini merupakan penyebab infeksi jamur paling umum pada manusia.

Ada 2 cara yang bisa di lakukan untuk mengatasi kutu air di tangan dan menghilangkan kutu air di kaki dengan bawang putih, yaitu:

(a). Cara pertama hilangkan kutu air

Tumbuk 4-5 siung bawang putih sampai hancur, lalu pelan-pelan gosokkan ke area kaki atau tangan yang terkena kutu air.

Lakukan secara rutin minimal 2 kali sehari supaya gatal pada kaki berkurang.

(b). Cara kedua atasi kutu air secara alami

Siapkan baskom berisi air hangat, lalu masukkan 3-4 siung bawang putih yang sudah ditumbuk sebelumnya.

Rendam kaki atau tangan Anda yang terinfeksi kutu air selama 30 menit sampai rasa gatalnya berkurang.

Lakukan 2 kali sehari hingga 1 minggu dan lihat perubahannya.

Itulah cara mengatasi kutu air di tangan dan cara menghilangkan kutu air di kaki mengunakan bahan alami bawang putih

#2. Baking Soda

Sebuah studi dalam jurnal Mycopathologia tahun 2013 menemukan bahwa baking soda dapat digunakan sebagai obat kutu air alami yang patut untuk dicoba.

Pasalnya, baking soda dapat melawan infeksi jamur yang memicu peradangan pada kulit.

Cara memanfaatkan manfaat baking soda untuk mengatasi kutu air di kaki dan di tangan sangatlah mudah.

(a). Campur setengah cangkir (115 gram) baking soda ke dalam baskom berisi air hangat.

(b). Setelah itu, rendam kaki atau tangan yang terinfeksi selama 15-20 menit.

(c). Lakukan sebanyak 2 kali sehari.

Itulah tiga cara membasmi kutu air di tangan atau cara menghilangkan kutu air di tangan dengan memanfaat baking soda

#3. Garam Laut

Cara menghilangkan kutu air dengan cepat secara alami selanjutnya dan dengan menggunakan garam laut, Garam pastinya sudah tersedia di dapur Anda. Selain bisa digunakan sebagai penyedap rasa pada masakan, Anda juga bisa memanfaatkan garam untuk mengatasi kutu air dan menghilangkan kutu air dengan cepat.

Ini karena garam memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang tergolong kuat. Bahan alami yang satu ini dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan mencegah penyebaran kutu air.

Merendam kaki dan tangan dalam air garam adalah salah satu cara mengatasi kutu air di kaki dan cara menghilangkan kutu air di tangan yang paling mudah.

Lakukan selama 20 menit, lalu keringkan sampai tuntas. Jangan biarkan kaki atau tangan Anda tetap lembap karena bisa memicu pertumbuhan jamur dan memperparah gejala.

#4. Minyak Pohon Teh

Tea tree oil alias minyak pohon teh telah lama digunakan sebagai obat antijamur alami selama bertahun-tahun.

Hal ini karena minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik, antibakteri, dan antijamur yang cocok digunakan untuk mengatasi kutu air.

Bahkan, menurut sebuah studi yang dimuat dalam The Australasian Journal of Dermatology tahun 2002, manfaat tea tree oil terbukti sama efektifnya seperti tolnaftate.

Tolnaftate itu sendiri termasuk salah satu obat kutu air atau obat infeksi jamur yang paling banyak digunakan.

Cara menghilangkan kutu air secara alami dengan minyak pohon teh, Anda hanya perlu menuangkan sedikit minyak ke telapak tangan, lalu gosokkan ke area kulit yang gatal akibat kutu air. Cara ini dapat membantu mengurangi gejala kutu air, mulai dari rasa gatal, bengkak, dan sensasi terbakar pada kulit.

Meski manfaatnya menggiurkan, minyak pohon teh juga bisa menimbulkan efek samping berupa ruam atau alergi pada beberapa orang. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter sebelum mencobanya.

Penutup

Demikianlah tentang cara membasmi kutu air secara alami atau cara menghilangkan kutu air di tangan dan di kaki secara alami dan bagian tertentu di badan, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Wajib Diketahui: Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot iklan.