Skip to main content

Panduan singkat cara mudah budidaya buah naga agar cepat berbuah

Bagaimana caranya agar buah naga cepat berbuah? Untuk cara menanam buah naga agar berbuah, tentu harus mengerti tips menanam buah naga yang baik dan benar.

Jika ingin membudidayakan buah naga dan mencari cara budidaya tanaman buah naga, artikel budidaya mengenai panduan singkat cara mudah budidaya buah naga agar cepat berbuah memparkan cara tanam buah naga yang benar

Tentang Tanaman Buah Naga

Buah naga adalah tanaman buah yang unik berwarna merah dan berkelopak banyak bagaikan nyala api

Belakangan ini banyak petani Indonesia yang tertarik mempelajari bagaimana cara sukses menanam buah naga dan cara budidaya buah naga supaya cepat berbuah.

Hal ini karena banyaknya permintaan pasar dari dalam dan luar negri akan buah ini.

Jika berharap hasil yang maksimal pada usaha perkebunan buah naga, maka diperlukan persiapan cara dan teknik menanam buah naga yang benar

Selain itu ketekunan merawat dan ketelitian untuk menanggulangi penyakit yang biasa menyerang buah naga juga harus dimiliki.

Lalu bagaimana cara menanam buah naga agar cepat berbuah, ikuti penjelasan mengenai cara tanam buah naga baik dan benar berikut ini

Cara Mudah Dan Sukses Budidaya Buah Naga

Untuk mendapat hasil yang memuaskan saat mengembangkan penanaman buah naga, tentu harus paham cara menanam buah naga yang baik dan benar agar hasilnya tidak mengecewakan nantinya

Nah cara mudah menanam buah naga dijelaskan dalam panduan singkat mengenai tips dan cara membudidayakan buah naga sebagai berikut

maka yang harus di perhatikan ketika ingin menanam atau budidaya buah naga diantaranya.

Persiapan awal budidaya buah naga

Menguasai cara budidaya buah naga yang baik dan benar sebelum mulai menanam tanaman buah naga sangat perlu agar nantinya tidak mengalami kendala.

Untuk persiapan awal budidaya buah naga supaya cepat berbuah, persiapan lahan, media tanam yang terlebih dahulu.

Penggemburan dan pembersihan gulma, mutlak dilakukan karena itu merupakan salah satu cara menanam buah naga yang benar dan juga kegiatan wajib dalam setiap kegiatan bertani.

Hal tersebut dimaksudkan suaya memudahkan akar muda untuk tumbuh menembus tanah. Jika tanah keras, maka pertumbuhan tanaman buah naga pun akan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Persiapan awal budidaya tanaman buah naga sebagai berikut:

(1). Lakukan pencampuran media tanah kebun dengan pasir, bata merah bubuk, pupuk kandang, serta dolomit dengan perbandingan 1:1:2, sedang dolomit cukup 300 gr.

(2). Pencampuran cukup dilakukan di daerah tempat bibit buah naga akan ditanam.

(3). Selanjutnya lakukan pembasahan media dengan menyiram, lalu biarkan selama sehari dua hari.

Setelah perisiapan awal telah siap tahap selanjutnya untuk cara menanam buah naga supaya berbuah lebat adalah memilih bibit buah naga yang bagus

Pemilihan Bibit Buah Naga

Bibit tanaman buah naga yang baik adalah salah satu kunci mendapatkan hasil yang baik agar buah naga cepat berbuah.

Cara memilih bibit buah naga yang bagus untuk pembudidayaan tentu harus baik dan benar dan tentunya memerlukan ilmu tentang pemilihan bibit yang super.

Cara memilih bibit buah naga yang baik adalah:

(1). Pilih dari batang yang besar dan tua warna hijau.

(2). Jangan pilih batang yang berwarna coklat, atau layu.

(3). Panjang batang paling sedikit 30 cm.

Pembibitan buah naga dilakukan pada polybag untuk memudahkan pemindahan dan sebaiknya tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung, hal ini untuk mecegah terjadinya busuk akar.

Perawatan Buah Naga

Karena pertumbuhan pohon buah naga memerlukan penyangga, maka cara merawat buah naga agar cepat berbuah adalah buatkan panjatan berupa para-para bambu atau turus di sekitar lokasi tanaman buah naga. Tingginya sekitar 1,5 meter dari permukaan tanah.

Pengairan dalam cara budidaya buah naga cukup mudah. Cukup dilakukan penyiraman jika terlihat tanah di sekitar media tanam mulai kering, Biasanya sekali sehari atau dua kali sehari saja.

Selanjutnya, lakukan pemotongan dahan secara teratur jika mulai panjang dan tidak proporsional dengan ukuran batangnya. Ini juga merangsang percabangan.

Demikianlah panduan singkat cara mudah budidaya buah naga agar cepat berbuah. Semoga artikel cara menanam buah naga sampai berbuah ini bermanfaat.

You Might Also Like:

Wajib Diketahui: Iklan yang tampil pada halaman situs ini sepenuhnya diatur oleh pihak google, kami hanya menyediakan slot iklan.